15 Manfaat Bekerja Keras bagi Kesehatan (No. 11 Tak Disangka)

manfaat-bekerja-keras-doktersehat

Doktersehat.com – Bekerja adalah kebutuhan tiap orang untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Bekerja memiliki berbagai macam jenis dan aspek yang dapat memengaruhi keadaan hidup seseorang. Pekerjaan termasuk dalam penyebab stres pada kebanyakan orang. Meski begitu, bersyukurlah bahwa manfaat bekerja lebih sehat daripada pengangguran. Mereka yang bekerja cenderung lebih jarang dirawat di rumah sakit, jarang menderita gangguan mental, dan lebih panjang umur.

Manfaat Kerja Keras untuk Kesehatan

Selain memenuhi kebutuhan sehari-hari, berikut manfaat kerja yang baik untuk kesehatan Anda, di antaranya:

1. Menghindari kemiskinan

Memiliki pendapatan tetap dari pekerjaan berarti Anda bisa menghindari berbagai gangguan kesehatan yang disebabkan oleh kemiskinan, misalnya kurang gizi, penyakit kronik, stres, dan lain sebagainya. Jadi, manfaat bekerja dapat memenuhi kebutuhan Anda.

2. Punya akses pada jaminan kesehatan

Memiliki jaminan kesehatan dari tempat kerja menjadi salah satu indikator kesehatan. Selain memastikan kita akan mendapat penggantian pengobatan, beberapa perusahaan juga memberi fasilitas penggantian keanggotaan klub kebugaran atau konseling penurunan berat badan.

3. Banyak teman

Penelitian menunjukkan, manfaat orang bekerja dengan memiliki hubungan baik dengan koleganya cenderung berumur panjang. Mereka juga memiliki kepuasan hidup lebih tinggi. Pada dasarnya, memiliki kelompok yang memberikan kita perasaan aman secara sosial dapat menyehatkan mental.

4. Memberikan tujuan hidup

Pekerjaan memang bukan segalanya, namun manfaat bekerja keras memberi suatu tujuan dalam hidup, membuat kita merasa berharga. Tak heran jika cukup banyak pensiunan yang memilih kembali aktif bekerja, entah itu mengajar, menjadi relawan, atau konsultan.

5. Cepat sembuh dari sakit

Penelitian menunjukkan, manfaat bekerja pada orang yang baru sembuh dari sakit dan kembali beraktivitas cenderung kembali pulih lebih cepat dibanding dengan seorang pengangguran.

6. Mengurangi kecanduan rokok dan alkohol

Sebuah survei mengklaim bahwa orang yang kecanduan cenderung merokok lebih sering atau minum alhohol lebih banyak selama libur kerja, namun tidak selama hari kerja. Alasannya, tempat kerja biasanya tidak mengizinkan karyawannya merokok atau minum alkohol.

Hasil baiknya, manfaat orang bekerja dapat menghindari kebiasaan tersebut.

7. Mengejar deadline menyehatkan tubuh

Ketika mengejar deadline atau tenggat waktu, manfaat bekerja keras membuat otak Anda cenderung mengeluarkan bahan kimia tertentu untuk mempersiapkan seluruh sistem dalam tubuh dalam menghadapi tantangan. Selama proses ini adrenalin dilepaskan, detak jantung meningkat, paru-paru mendapat lebih banyak oksigen, dan seluruh tubuh cenderung menjadi lebih energik.

Setelah tahap ini, baik endorfin dan serotonin dilepaskan yang membuat Anda merasa baik setelah menyelesaikan pekerjaan. Ini adalah cara alami untuk menyehatkan tubuh Anda.

8. Kehidupan sosial menjadi sehat

Semua orang tahu bahwa kesepian atau kurang bersosialisasi dalam lingkungan dapat memicu depresi. Ketika bekerja di kantor, Anda akan memiliki interaksi sosial yang lebih baik dan rasa memiliki terhadap keluarga baru semakin meningkat. Anda juga tidak akan pernah merasa kesepian, dan ini berdampak positif pada kesehatan.

9. Mengasah kemampuan otak

Manfaat bekerja ternyata bisa mencerdaskan otak Anda. Penelitian telah membuktikan bahwa kemampuan otak menurun bila Anda tidak menggunakannya. Tetapi pekerjaan sehari-hari Anda akan menstimulasi dan melatih otak Anda, sehingga kemampuan kognitif tetap sehat saat Anda sibuk bekerja.

10. Meningkatkan konsentrasi

Menyelesaikan pekerjaan secara profesional biasanya membutuhkan konsentrasi yang lebih baik. Melakukan pekerjaan secara tidak langsung dapat melatih konsentrasi dan meningkatkan kognitif. Melakukan pekerjaan hal yang sama setiap hari akan membuat Anda menjadi terbiasa, pandai, dan berpengalaman.

11. Panjang umur

Banyak penelitian medis yang membuktikan bahwa manfaat orang bekerja kemungkinan hidup lebih lama daripada orang yang tidak aktif, dan tidak pernah terlibat dalam aktivitas apa pun baik fisik maupun mental.

Pada intinya, memiliki pekerjaan dan bekerja keras sangat penting untuk kesejahteraan jiwa dan raga.

12. Menjadi lebih mandiri

Mempunyai pekerjaan yang lebih baik dapat menyenangkan dan memberikan kebahagiaan seumur hidup. Kemandirian tidak terbatas pada finansial, ini terkait dengan pengambilan keputusan. Berpenghasilan dan memiliki identitas akan menuntun Anda dalam kemandirian.

13. Sehat secara fisik

Rutin melakukan aktivitas dalam pekerjaan setiap hari membuat tubuh dapat meningkatkan metabolisme. Secara tidak sadar, aktivitas dalam pekerjaan seperti melakukan latihan, yang tentunya dapat menyehatkan tubuh Anda.

14. Membangun karakter

Manfaat bekerja keras bisa membangun karakter, belajar disiplin, belajar fokus, belajar mengatur waktu dan sumber daya Anda. Bekerja juga membuat Anda belajar untuk mengabaikan kritik yang mengatakan kepada Anda bahwa hal itu tidak dapat dilakukan.

Jangan menyerah. Berhenti itu mudah. Menyerah itu mudah! Tapi tidak mudah dalam membangun karakter. Karakter yang kuat dibangun dengan cara yang sama seperti membangun otot yang kuat.

Kerja keras, sukses, mungkin menjadi hadiah terbesar dari hasil kerja keras Anda. Tetapi, karakter lebih penting daripada kesuksesan. Dan kerja keras membangun karakter.

14. Ikatan dengan teman kerja meningkatkan dopamin

Manfaat bekerja juga bisa menjalin ikatan pertemanan di dalam lingkungan pekerjaan yang pada akhirnya berdampak positif.

Ketika Anda berinteraksi atau ngobrol dengan teman Anda, ini dapat meningkatkan dopamin – zat kimia di otak yang memengaruhi emosi, sensasi kesenangan, gerakan, dan rasa sakit. Inilah alasan mengapa Anda merasa lebih baik ketika berada di tempat kerja

15. Menjamin kesejahteraan masa tua (pensiun)

Ketika Anda masih muda dan memiliki kehidupan yang labil, tetapi apakah Anda berpikir apa yang akan terjadi setelah pensiun?

Nah, pekerjaan memiliki solusi untuk itu, banyak pengusaha memiliki skema memiliki manfaat pensiun yang membawa Anda menuju kehidupan pensiun yang bebas dari tekanan. Lebih lanjut, beberapa pekerjaan juga menawarkan fasilitas pensiun atau tunjangan khusus yang dapat membuat Anda nyaman secara financial, tidak hanya hari ini tetapi juga hari esok Anda.

Nah, itulah ulasan mengenai manfaat bekerja keras bagi kesehatan Anda, semoga bermanfaat ya, Teman Sehat!