5 Khasiat Minum Jahe Sebelum Tidur

manfaat-wedang-jahe-doktersehat

DokterSehat.Com– Jahe sudah dikenal luas sebagai salah satu bahan herbal terbaik bagi kesehatan. Selain dijadikan bumbu masakan, jahe juga bisa dijadikan minuman hangat yang menyegarkan. Banyak orang yang mengonsumsinya di malam hari demi memberikan sensasi hangat dan nyaman bagi tubuh. Tak disangka, pakar kesehatan menyebut kebiasaan minum jahe hangat sebelum tidur ternyata bisa memberikan banyak sekali manfaat kesehatan.

Khasiat minum jahe hangat sebelum tidur

Jahe memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Rutin mengonsumsinya tentu akan membantu tubuh menjadi lebih sehat.

Berikut adalah berbagai manfaat kesehatan yang bisa didapatkan jika rutin mengonsumsinya.

  1. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat pertama yang bisa kita dapatkan jika mengonsumsi air rebusan jahe di malam hari adalah membantu menurunkan berat badan. Kandungan di dalam jahe ternyata bisa membantu meningkatkan sistem metabolisme tubuh sehingga lemak dan kalori pun akan dibakar dengan lebih efektif. Hal ini tentu akan berimbas pada berat badan yang akan turun dengan efektif.

Hanya saja, kita juga tidak bisa hanya mengandalkan jahe hangat untuk menurunkan berat badan. Pastikan untuk mengubah gaya hidup lebih sehat seperti dengan menerapkan pola makan yang lebih baik, rajin berolahraga, dan mendapatkan waktu tidur yang cukup demi mendukung keberhasilan program diet.

  1. Menurunkan risiko terkena kanker

Jahe adalah salah satu bahan herbal yang cukup untuk menurunkan risiko kanker. Hal ini disebabkan oleh antioksidan dan senyawa aktif di dalam jahe yang cukup tinggi. Kandungan inilah yang bisa membantu menurunkan risiko terkena salah satu penyakit paling mematikan di dunia ini.

Jika kita mengonsumsi air rebusan jahe di malam hari, maka proses detoksifikasi alami tubuh akan terbantu dengan adanya kandungan antioksidan dan senyawa aktif dalam meluruhkan berbagai macam racun sekaligus membuang berbagai zat sisa yang berpotensi menyebabkan munculnya kanker.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan antioksidan yang tinggi di dalam jahe akan membuat sistem kekebalan tubuh semakin meningkat. Kandungan ini bisa melawan paparan buruk radikal bebas yang bisa kita dapatkan dari berbagai hal baik itu makanan, minuman, atau bahkan polusi udara. Paparan radikal bebas ini bisa memicu peradangan yang berujung pada datangnya penyakit. Hal ini berarti, rutin mengonsumsi air rebusan jahe juga bisa membantu tubuh tidak mudah terkena penyakit.

  1. Membantu mengendalikan kadar gula darah

Salah satu penyakit yang paling banyak diderita masyarakat Indonesia adalah diabetes. Penyakit ini seringkali disebabkan oleh gaya hidup yang buruk seperti konsumsi makanan dan minuman dengan kadar kalori yang berlebihan. Beruntung, dengan mengonsumsi air rebusan jahe secara rutin bisa membantu menurunkan risiko terkena penyakit ini dengan signifikan.

Kandungan antioksidan di dalam jahe ternyata bisa membuat kesehatan pankreas meningkat. Sebagai informasi, organ ini adalah yang bertanggung jawab pada produksi hormon insulin yang mengendalikan kadar gula darah. Dengan produksi insulin yang terjaga, maka kadar gula darah pun bisa dimetabolisme menjadi sumber energi sehingga risiko untuk terkena diabetes juga bisa ditekan.

  1. Bisa menyehatkan pencernaan

Mengonsumsi air rebusan jahe sebelum tidur ternyata juga bisa membantu menyehatkan pencernaan. Kandungan antioksidan di dalamnya mampu mencegah datangnya infeksi pada saluran pencernaan. Kandungan anti mikroba dan anti bakteri di dalam bahan rempah ini juga bisa mencegah datangnya gangguan pencernaan seperti sembelit atau diare.

Melihat fakta ini, tak perlu ragu lagi untuk rutin mengonsumsi minuman jahe hangat setiap malam sebelum tidur. Hanya saja, sebaiknya kita tidak menambahkan gula pada minuman ini jika ingin mendapatkan manfaat sehatnya.