Calamine – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

salep-calamine-doktersehat

DokterSehat.Com – Calamine obat apa? Calamine adalah obat pemakaian luar yang bisa mengobati masalah kulit gatal akibat luka, keringat, iritasi, atau hal lainnya. Obat Calamine memiliki beberapa manfaat lainnya.

Anda bisa mendapatkan Calamine tanpa resep dokter karena Calamine merupakan obat bebas. Akan tetapi, ini tidak berarti Anda bisa menggunakannya secara sembarangan. Penggunaan Calamine harus dilakukan sesuai aturan yang tepat.

Oleh karena itu, Anda perlu menyimak penjelasan ini yang akan mengulasi beberapa informasi penting terkait Kalamin. Penjelasan ini akan membahas bentuk sediaan, nama dagang, cara kerja, manfaat, indikasi, kontraindikasi, dosis, efek samping, dan harga Calamine.

Rangkuman Informasi Obat Calamine

Nama Calamine
Golongan Obat Anestetik Lokal Topikal dan Antipruritus » Antihistamin
Bentuk Sediaan Calamine lotion, salep Calamine, dan bedak Calamine
Nama Dagang Caladine, Herocyn, Alegra, Caladryl, Calarex, dan lainnya
Manfaat Mengobati rasa gatal pada kulit karena beberapa penyebab
Indikasi Penggunaan Luka bakar, iritasi kulit, biang keringat, penyakit kulit kering
Kontraindikasi Hipersensitivitas
Cara pakai Dioleskan, ditaburkan
Dosis Tergantung nama dagang dan bentuk sediaan
Efek samping Reaksi alergi, sensitisasi
Harga Rp5.000-40.000 per kemasan

Bentuk Sediaan Calamine

Calamine tersedia secara topikal. Ada tiga bentuk sediaan topikal Calamine, yaitu lotion, salep, dan bedak. Ketiga jenis sediaan tersebut cocok digunakan untuk orang dewasa yang tidak memiliki masalah kulit tertentu.

Namun, untuk bayi dan balita, Calamine lotion dan krim atau salep Calamine lebih cocok dipakai. Bedak Calamine biasanya lebih cocok untuk digunakan pada orang dewasa atau anak-anak.

Simpanlah obat tersebut di tempat yang kering dan sejuk. Jangan menyimpan Calamine lotion, salep Calamine, atau bedak Calamine di tempat yang bisa dijangkau anak-anak. Pasalnya, Calamine yang masuk ke mata, hidung, atau mulut bisa berbahaya bagi anak.

Nama Dagang Obat yang Mengandung Kalamin

Obat kulit yang mengandung Calamine tersedia dalam berbagai jenis nama dagang. Beberapa nama dagang obat yang mengandung Calamine seperti Caladine, Herocyn, Alegra, Caladryl, Calarex, dan lainnya.

Cara Kerja Calamine

Mungkin Anda bingung dengan cara kerja Calamine yang secara ‘ajaib’ bisa menghilangkan rasa gatal pada kulit. Calamine adalah kandungan yang tergolong pada kelas terapi Anestetik Lokal Topikal dan Antipruritus.

Di samping itu, Calamin juga termasuk obat Antihistamin. Kandungan Calamine adalah bentuk sintetis dari Zinc Carbonate. Cara kerja Calamine untuk mengobati kulit yang gatal adalah dengan mengeringkan luka akibat iritasi, gigitan serangga, atau tumbuhan gatal (poison ivy).

Obat-obatan yang mengandung Calamine biasanya dikombinasikan dengan bahan lain seperti zinc oxide, camphor, atau menthol. Kombinasi bahan tersebut memperkaya manfaat obat-obatan yang mengandung Calamine.

Kandungan menthol yang biasanya ada pada obat Calamine memberikan sensasi dingin pada kulit ketika kandungan Calamine bekerja untuk mengurangi dan menghilangkan rasa gatal pada kulit.

Manfaat Calamine

Manfaat Calamine adalah untuk mengobati rasa gatal, perih, dan ketidaknyamanan lainnya pada kulit yang bermasalah karena beberapa alasan. Selain itu, penggunaan Calamine juga memiliki manfaat untuk mengobati iritasi kulit dan meredakan gejalanya.

Manfaat Calamine juga bisa membuat luka tersebut mengering karena pori-pori terangsang untuk mengecil. Akibatnya, produksi minyak yang berlebih pun dapat dikurangi. Ini karena Calamine memiliki sifat astringen, sehingga banyak digunakan sebagai lotion, salep, atau krim untuk luka bakar.

Indikasi Calamine

Penggunaan Calamine tidak bisa diaplikasikan pada semua kondisi kulit. Calamine bisa digunakan pada orang yang mengalami kulit gatal atau iritasi kulit akibat biang keringat, luka bakar, kulit terbakar karena sinar matahari, gigitan serangga, cacar air, campak, dan tumbuhan poison ivy.

Baca Juga: 10 Penyakit Kulit yang Sering Terjadi pada Bayi, Ini Obatnya Selain Calamine!

Orang-orang yang mengalami penyakit kulit kering seperti eksim, psoriasis, urtikaria, dan skabies juga bisa menggunakan obat yang mengandung Calamine. Pasalnya, orang-orang dengan kasus tersebut biasanya mengalami rasa gatal dan perih pada kulitnya.

Namun, Anda juga perlu mengetahui bahwa Calamine tidak terlalu ampuh untuk mengatasi kulit gatal atau iritasi kulit akibat gigitan serangga. Calamine juga tidak bermanfaat untuk mengobati infeksi kulit karena bakteri. Oleh karena itu, lakukanlah konsultasi dengan dokter pada kasus tersebut, sehingga Anda mendapatkan terapi obat yang lebih efektif.

Kontraindikasi Calamine

Bayi, anak-anak, maupun orang dewasa yang memiliki salah satu indikasi penggunaan Calamine belum tentu bisa menggunakannya. Orang-orang yang memiliki masalah hipersensitivitas terhadap Calamine atau kandungan lainnya tidak bisa menggunakan obat gatal ini.

Alih-alih mengobati rasa gatal dan perih, penggunaan obat Calamine malah akan menimbulkan efek samping berupa reaksi alergi atau efek samping lainnya. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan bahwa Anda atau anak Anda tidak memiliki masalah alergi pada salah satu kandungan obat Calamine. Konsultasikan dengan dokter kulit!

Peringatan Penggunaan Obat Calamine

Calamine harus digunakan secara hati-hati. Sebagai obat luar, tentunya Calamine tidak boleh digunakan untuk pemakaian secara oral. Oleh karena itu, berhati-hatilah setiap kali menggunakan obat yang mengandung Calamine.

Aplikasikan secara perlahan dan hati-hati agar tidak ada partikel yang kontak dengan mata, hidung, terlebih masuk ke dalam mulut. Perhatikan pula tanggal kadaluarsa sebelum menggunakan Calamine.

Orang dewasa, anak-anak, atau bayi yang memiliki kulit sensitif sebaiknya melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter kulit guna memastikan keamanannya. Pasalnya, kulit yang tipis atau sensitif mungkin saja tidak cocok terhadap Calamine lotion, salep Calamine, ataupun bedak Calamine.

Dosis Calamine

Dosis penggunaan Calamine tidaklah sama. Setiap nama dagang bisa jadi memiliki dosis dan cara penggunaan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, Anda perlu membaca petunjuk pemakaian dan dosis yang tertera pada kemasan.

Namun, biasanya obat-obatan yang mengandung Calamine digunakan setelah mandi karena kulit sudah bersih. Cara menggunakan Calamine lotion adalah dengan mengocoknya terlebih dahulu lalu dioleskan ke permukaan kulit yang terindikasi.

Hal yang mirip juga berlaku untuk salep Calamine. Anda perlu memberikan salep tersebut pada kulit yang gatal atau teriritas lalu diusap perlahan secara merata. Bedak Calamine digunakan dengan cara ditaburkan tipis dan diratakan.

Usahakan agar tidak kontak dengan air atau zat lain yang bisa membuat Calamine luntur dari kulit, sehingga Calamine belum bekerja dan tidak memberikan efek medis pada kulit.

Efek Samping Calamine

Orang yang memiliki masalah hipernsensitivitas terhadap Calamine akan mengalami efek samping berupa reaksi alergi. Reaksi alergi tersebut ditandai dengan ruam kulit, iritasi kulit, gatal-gatal, kulit kemerahan, dan lainnya.

Penggunaan Calamine terkadang malah memicu hipersensitivitas dan sensitisasi pada beberapa kasus. Hentikanlah penggunaan obat yang mengandung Calamine jika Anda mengalami efek samping tersebut. Konsultasikanlah dengan dokter kulit agar mendapatkan solusi pengobatan yang lebih tepat.

Harga Calamine

Obat-obatan yang mengandung Calamine dijual dengan harga yang berbeda-beda. Perbedaan harga tersebut terutama dipengaruhi oleh bentuk sediaan dan jumlah berat bersih. Kisaran harga obat Calamine antara Rp5.000-40.000 per kemasan.

 

 

Sumber:

  1. PIONAS-BPOM: Kalamin. http://pionas.pom.go.id/monografi/kalamin [diakses pada 14 Juni 2019]
  2. Drugs: Calamine (topical). https://www.drugs.com/mtm/calamine-topical.html  [diakses pada 14 Juni 2019]
  3. DrugInfoSys: Calamine. http://www.druginfosys.com/drug.aspx?drugcode=116&type=1  [diakses pada 14 Juni 2019]